Jumat, 16 Agustus 2013

Sumbawa itu.. : )

Sumbawa adalah sebuah nama untuk sebuah Pulau, Kabupaten, dan Kecamatan. Namun tidak berarti bahwa dalam sebuah pulau ini hanya memiliki sebuah kabupaten ataupun sebuah kecamatan, dan tidak berarti pula bahwa kabupaten ataupun kecamatan ini hanya terdapat dalam suatu pulau Sumbawa. 

Pulau Sumbawa
Pulau Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau ini dibatasi oleh Selat Alas di sebelah barat (memisahkan dengan Pulau Lombok), Selat Sape di sebelah timur (memisahkan dengan Pulau Komodo), Samudera Hindia di sebelah selatan, serta Laut Flores di sebelah utara. Kota terbesarnya adalah Bima, yang berada di bagian timur pulau ini.
Pulau ini memiliki luas 14.386 km2, dan merupakan pulau terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat, serta salah satu dari dua pulau utama di provinsi tersebut. Titik tertingginya adalah Gunung Tambora (2.824 m), yang juga merupakan gunung api aktif. Keunikan yang dimiliki Sumbawa yaitu pulau Bungin yang termasuk dalam wilayah kecamatan alas, kabupaten sumbawa. Pulau Bungin merupakan pulau terpadat di dunia yang memiliki kepadatan 15000 jiwa/km persegi. Hal ini terjadi karena luas Pulau Bungin tidak sampai 8 hektar dan ditempati sekitar 3000 jiwa.
Secara administratif, pulau ini terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota, yakni:
  • Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)
  • Kabupaten Sumbawa
  • Kabupaten Dompu
  • Kabupaten Bima
  • Kota Bima

Kabupaten Sumbawa
Kabupaten Sumbawa adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Sumbawa Besar. Kabupaten ini terletak di sebagian besar bagian barat Pulau Sumbawa. Batas-batas wilayahnya adalah: Laut Flores dan Teluk Saleh di utara, Kabupaten Dompu di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Sumbawa Barat di barat. Kabupaten Sumbawa memiliki luas wilayah 8.493 km² dengan jumlah penduduk sekitar 415.000 jiwa.
Wilayah Kabupaten Sumbawa juga mencakup sejumlah pulau-pulau di sebelah utara Pulau Sumbawa, termasuk Pulau Moyo (pulau terbesar), Pulau Medang, Pulau Panjang, Pulau Liang, Pulau Ngali dan Pulau Rakit.
Pada tanggal 18 Desember 2003, bagian barat wilayah Kabupaten Sumbawa dimekarkan menjadi kabupaten baru, yakni Kabupaten Sumbawa Barat.

Kecamatan Sumbawa
*Mengenai Kecamatan Sumbawa ini akan saya ceritakan melalui pandangan saya sendiri :-)
Kecamatan Sumbawa atau lebih dikenal dengan sebutan Sumbawa Besar adalah sebuah desa darat, tanah kelahiran saya tercinta. Daerah kebanggaan saya ini masih dalam tahap-tahap pembangunan. Kami belum memiliki gedung-gedung besar yang biasanya dilengkapi eskalator ataupun lift. Kami tidak memiliki taksi ataupun bis-bis kota sebagai alat transportasi dalam daerah. Tidak ada jalan-jalan 'besar' yang bercabang dimana-mana. Tidak pula terdapat mall atau toko-toko 'wah' beretelase. Perumahan di daerah kami pun tidak se-semruwet ataupun semewah perumahan di kota besar. Tapi tanpa hal-hal tersebut, Sumbawa tetaplah kebanggaan bagi saya. Menikmati begitu besarnya rasa cinta sang surya terhadap Sumbawa, sehingga selalu panas teriknya yang luar biasa menjadi momok pembicaraan para tourist ataupun warga Sumbawa sendiri, adalah sebuah anugerah yang senantiasa menyisakan senyuman di hati saya. Dimana lagi saya bisa bertemu keluarga, sahabat, tetangga, serta orang-orang dengan logat NeMoToGinaRuaWe? Dimana lagi saya bisa mendengar orang-orang berkata Aidaa, Uinaa, Oweh, Ba ..., Be ...., Iya ke?, Masa Koa? Inilah Sumbawa saya tercinta :D

*note:
Setiap orang pasti mencintai daerahnya masing-masing, namun lantas tidak berarti membenci daerah yang lain. Bukankah kita mengenal Bhineka Tunggal Ika? Ras, agama, suku, warna kulit, bahasa, budaya dan segala perbedaan adalah jendela-jendela yang memberikan kita sebuah pemandangan yang indah mengenai kehidupan. Kita tidak harus keluar dari ruangan-ruangan yang telah membesarkan kita, namun biarkanlah mata kita melihat keluar jendela, berikan sedikit senyuman, serta lambaian perkenalan kepada keragaman di luar sana.
Saya memang Tau Samawa (Tau: Orang, Samawa: Sumbawa), saya sangat mencintai Sumbawa dan seluruh jajaran kabupaten Sumbawa. Dan di sisi lain saya juga mencintai saudara-saudara saya di Bima, Dompu, Taliwang, Lombok, Bali, Jawa, Papua, Maluku, Sulawesi, NTT, Kalimantan, Sumatera, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, dan seluruh semesta beserta isinya. :D

sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Words of Wisdom

Gravitasi tidak bertanggung-jawab atas orang yang jatuh cinta

Barangsiapa yang tidak pernah melakukan kesalahan, maka dia tidak pernah mencoba sesuatu yang baru

Jika A sama dengan kesuksesan, maka rumusnya adalah A=X+Y+Z. X adalah kerja, Y adalah bermain, Z adalah menjaga mulut agar tetap bungkam


By Albert Einstein
source: Words of Wisdom - Einstein