Jumat, 22 April 2011

Special animals!!

       Abis bongkar-bongkar tugas mading dulu, eh ketemu nih file. Waktu itu dapetnya dari internet, n sekarang ku balikin lagi ke alamnya, sebagaimana sabdanya om google : Sesungguhnya file ini datang dari internet dan akan kembali juga kepadanya. Ceilleh..
       Okay, The special animals are :

1.    Let's talk about a strongest animal in the world. Berbicara  tentang hewan terkuat? hmm, sering kali kita menganggap bahwa hewan terkuat adalah gajah. Ternyata bukan, gajah hanya mampu mengangkat beban seberat 20% dari berat badannya, lalu siapa binatang terkuat? jawabannya adalah kumbang badak, hewan ini mampu mengangkat beban sebesar 850 kali berat badannya.

Hewan terkuat

 
2.       Taukah Anda super bird ?, dialah burung unta (ostrich), tingginya bisa mencapai 2,5 meter dengan berat hingga 180 kg. Selain tinggi besar, burung ini juga memiliki daya tahan tubuh yang luar biasa pula. Burung ini dapat betahan pada daerah dengan suhu lebih dari 40 derajat celsius hingga 0 derajat celsius. itu saja? tidaak, umur burung raksasa ini dapat mencapai hingga 50 tahun. Benar-benar burung super! Eit…, satu lagi, hewan ini bisa berlari dengan kecepatan hingga 50 km/jam, tapi satu kekurangannya, meskipun menyandang gelar sebagai ‘burung’ hewan ini tak mampu terbang… hhmmm.

"super bird"

3.        Berbicara tentang kecepatan, barangkali Anda akan mengira bahwa Cheetahlah hewan tercepat, padahal sesungguhnya rekor hewan tercepat dipegang oleh burung yang bernama Falco peregrinus, hewan ini mampu melaju dengan kecepatan 390 km/jam, kecepatan ini lebih cepat dari kecepatan mobil balap F1 yang hanya berkisar 370 km/jam.  Bagaimana dengan cheetah? kucing afrika ini hanya mampu mencapai kecepatan 70 km/jam ‘saja’.

hewan tercepat
 
4.        Tahu ikan layar (sailfish)? Ikan yang menjadi favorit para pemancing profesional ini ternyata masih menjadi misteri bagi para ahli bidang biologi kelautan. Hal ini disebabkan karena pergerakan ikan yang enak dagingnya itu sangat cepat dan tingkat perpindahannya (migrasi) sangat tinggi. Selain itu, ikan yang memiliki nama Latin Istiophorus albicans (untuk yang berada di Samudra Pasifik) dan Istiophorus platypterus (untuk yang bermukim di Samudra Atlantik) ini tersebar ratusan mil dari pantai. Sehingga sangat sulit bagi para ahli untuk mencari lokasi pasti mereka, melakukan proses tagging (penomeran), serta pengumpulan data. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa ikan ini memang benar-benar ‘cepat'. Percaya tidak, 36 jam setelah bertelur, telur-telur tersebut langsung menetas! Tidak hanya itu, pertumbuhan tubuh mereka sangat cepat, sekitar 6 kaki per tahun! 

"ikan layar as maskotnya indosiar"
 
5.        Ikan paus biru (Balaenoptera Musculus), ialah hewan yang memiliki suara paling keras yang juga menyandang gelar sebagai hewan terbesar di bumi. Ukurannya bisa mencapai 4 kali bus tingkat, wow…!! Suara ikan paus biru ini lebih keras daripada suara motor Harley Davidson. Bahkan lebih keras daripada suara konser rock yang paling keras, dan juga lebih keras dari ledakan bom. Seberapa keraskah suara ikan paus biru tersebut? Suara ikan tersebut adalah 188 desibel..! Angka ini sama dengan 1 juta kali suara mesin jet (yang mencapai tingkat kekerasan suara 120-130 desibel). Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10 desibel berarti peningkatan intensitas suara hingga 10 kali. Ini adalah salah satu alasan bagi kita semua untuk bersyukur bahwa ikan paus biru tersebut hanya tinggal di dalam laut, hehe.... 

hewan terbesar
 
6.        Mau tahu hewan bertulang belakang (vertebrata) terkecil di dunia? Sejenis ikan kerdil yang disebut stout infant fish ditetapkan sebagai hewan bertulang belakang paling mungil dan paling ringan sedunia. Ikan yang hidup di sekitar perairan Great Barrier Reef, Australia, ini panjangnya hanya 7 milimeter! Sebenarnya, ikan dari Australia itu memiliki saingan, yaitu sejenis ikan yang memiliki nama latin paedocypris progenetica yang ditemukan di rawa-rawa gambut di Pulau Sumatera. Hewan tersebut memiliki panjang sekitar 7,9 milimeter. Jadi sebenarnya ikan Australia tadi cuma menang tipis sama ikan sumatera, hehehehe…
hewan terkecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Words of Wisdom

Gravitasi tidak bertanggung-jawab atas orang yang jatuh cinta

Barangsiapa yang tidak pernah melakukan kesalahan, maka dia tidak pernah mencoba sesuatu yang baru

Jika A sama dengan kesuksesan, maka rumusnya adalah A=X+Y+Z. X adalah kerja, Y adalah bermain, Z adalah menjaga mulut agar tetap bungkam


By Albert Einstein
source: Words of Wisdom - Einstein