Kamis, 28 April 2011

BUMI, LINGKUNGAN, ALAM, DAN MANUSIA

Nih entri adalah jawaban ku waktu ikut tes 'komunitas penjaga pulau'. Tapi, jawabanku ini nggak ngaur kok, ni hasil dari penggabungan opini n fakta.. Yang pasti baca dulu aja deh.. :) 

Menurut kalian apa yang terjadi pada bumi dan lingkungan dan alam tanpa manusia?

Sebagaimana system interdependency bahwa bumi, lingkungan dan alam tidak memiliki ketergantungan kepada manusia melainkan sebaliknya. Bumi, lingkungan dan alam akan tetap bertahan (ada) dengan siklus-siklusnya seperti 4 milyar tahun lalu (sebelum manusia ada). Tetapi bukan berarti bumi, lingkungan, dan alam akan terus berada dalam keadaan/ wujud yang sama. Dalam siklusnya tsb., pasti akan ada perubahan pada alam. Batu yang ditetesi air secara terus menerus saja kemudian menjadi licin, pecah dan berubah wujud menjadi tanah. Inilah proses alam, ketika bumi, lingkungan dan alam mengalami siklus-siklusnya secara berkala, pasti akan terjadi perubahan. Jadi, sekalipun tanpa ada campur tangan/ kehadiran manusia, alam tetap mengalami perubahan, entah itu oleh tenaga endogen yang konstruktif (membangun) maupun oleh tenaga eksogen yang destruktif (merusak).
Secara spesifik, saya rasa tumbuhan akan punah dengan cepat.  Karena tumbuhan memerlukan CO2 untuk bertahan hidup, sedangkan dalam siklus CO2, manusia memiliki kontribusi yang besar dan tentunya berpengaruh (system balance). Jadi tumbuhan menyerap CO2 dan menghasilkan O2, kemudian manusia menyerap O2 dan menghasilkan CO2 dan seterusnya. Pada dasarnya, segala sesuatu yang ada di bumi ini terbatas, begitu pula dengan CO2. Ketika tumbuhan terus menerus menyerap CO2 hingga jumlah CO2 menipis, dan terus menerus menghasilkan O2 sehingga jumlah O2 berlebihan, maka akan terjadi kebakaran hutan karena kayu tumbuhan mengalami oksidasi (proses pembakaran yang disebabkan oleh reaksi terhadap oksigen). Dari kebakaran ini punahlah tumbuhan terutama yang di darat. Selain itu, panas bumi akan meningkat dan global warming pun terjadi, hewan-hewan juga akan banyak yang punah. Es-es akan mencair dan bumi kembali seperti masa dahulu yaitu 90% permukaaannya adalah lautan.
Jadi, tanpa adanya manusia tidak menutup kemungkinan bahwa bumi, lingkungan, dan alam akan rusak  tetapi tidak juga menutup kemungkinan bahwa bumi, lingkungan dan alam akan menjadi lebih baik dan lebih indah.
Mungkin saja dengan perubahan iklim dan wujud bumi, lingkungan, dan alam, akan muncul spesies-spesies baru yang dapat menyeimbangkan dan memberikan perubahan yang lebih baik bagi bumi, yang bahkan mungkin dapat merubah bumi, lingkungan dan ala mini menjadi seperti surga dalam impian kita.

·     Apa yang terjadi pada manusia tanpa alam dan lingkungan?
Tanpa alam dan lingkungan? Menurut pengertian dari saya, alam yang dimaksud di sini adalah unsur biotik dan abiotik, sedangkan lingkungan yang dimaksud di sini adalah cuaca, iklim, suhu udara, tekanan udara, dan sejenisnya. Kemudian manusia, manusia adalah makhluk yang sangat lemah dan memiliki kepekaan.
Jadi saya yakin manusia akan punah. Karena untuk bertahan hidup, setidaknya manusia membutuhkan oksigen untuk bernapas, air untuk minum, tumbuhan atau hewan untuk makan, penutup tubuh (pakaian), lingkungan yang sesuai, dan atau tempat untuk menapak (khususnya di bumi karena bumi memiliki gravitasi yang besar).
Hal ini bisa kita lihat pada manusia yang pernah tinggal dalam pesawat luar angkasa di bulan dan atau dalam kapal selam di laut (mungkin contoh di atas memang kurang sesuai karena waktu yang mereka gunakan singkat, tapi contoh ini cukup masuk akal). Sekalipun di bulan, manusia tidak menapak, tetapi dengan oksigen, makan dan minum, pakaian khusus, lingkungan yang cukup sesuai, manusia tsb dapat bertahan hidup.
Dari yang telah disebutkan, ada 6 hal yang sangat diperlukan manusia: 
1.      Oksigen, oksigen adalah bagian dari alam 
2.      Makanan, berasal dari alam 
3.      Minuman, juga berasal dari alam 
4.      Pakaian, berasal dari alam, pakaian inilah salah satu alat bagi manusia untuk beradaptasi 
5.      Tempat untuk menapak, berasal dari alam contohnya tanah 
6.      Lingkungan yang sesuai, adanya lingkungan saja belum tentu bisa membuat manusia bertahan hidup (karena hanya lingkungan tertentu saja yang dapat membuat manusia bertahan hidup), apalagi jika lingkungan itu tidak ada.

Jadi secara keseluruhan, jelas bahwa yang akan terjadi adalah kepunahan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Words of Wisdom

Gravitasi tidak bertanggung-jawab atas orang yang jatuh cinta

Barangsiapa yang tidak pernah melakukan kesalahan, maka dia tidak pernah mencoba sesuatu yang baru

Jika A sama dengan kesuksesan, maka rumusnya adalah A=X+Y+Z. X adalah kerja, Y adalah bermain, Z adalah menjaga mulut agar tetap bungkam


By Albert Einstein
source: Words of Wisdom - Einstein